Menu

Mode Gelap

Taubat · 6 Okt 2021 08:00 WIB ·

Budi Pekerti Rasulullah


					Budi Pekerti Rasulullah Perbesar

Jalanhijrah.com-Kharijah bin Zaid bin Tsabit berkata, serombongan orang datang kepada Zaid bin Tsabit ra.. Mereka berkata kepadanya, “Ajarkanlah kepada kami beberapa hadis Rasulullah ﷺ!”

Zaid bin Tsabit menjawab, “Apa yang harus kuceritakan tentang sabda Rasulullah ﷺ kepada kalian? Aku adalah orang dekatnya (pemegang amanatnya). Bila wahyu turun, beliau ﷺ kirim utusan untuk memanggilku, maka kutuliskan wahyu itu untuknya. Bila kami bercerita tentang dunia, beliau ﷺ menceritakannya bersama kami. Bila kami bercerita tentang akhirat, beliau ﷺ menceritakannya bersama kami. Bila kami bercerita tentang makanan, beliau ﷺ menceritakannya bersama kami. Semua ini kuceritakan kepada kalian dari Rasulullah ﷺ.”

Amr bin Ash ra. bercerita, “Rasulullah ﷺ menghadapkan wajah dan pembicaraannya kepadaku, sehingga aku menduga bahwa aku adalah sebaik-baik kaum (manusia). Lalu aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah ﷺ, apakah aku atau Abu Bakar yang lebih baik?’ Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Abu Bakar!’ Aku bertanya lagi, ‘Apakah aku atau Umar yang lebih baik?’ Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Umar!’ Lalu aku bertanya lagi, ‘Apakah aku atau Utsman yang lebih baik?’ Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Utsman!’ Mungkin, apabila aku bertanya lagi kepada Rasulullah ﷺ, beliau akan membenarkan aku, maka timbullah penyesalan dalam hati, seharusnya aku tidak bertanya lagi kepadanya.”

Anas bin Malik ra. bercerita, “Aku menjadi pembantu Rasulullah ﷺ selama sepuluh tahun. Selama itu beliau ﷺ tidak pernah mengatakan ‘uf (hus)’. Tidak pernah pula beliau berkata kepadaku karena sesuatu yang kukerjakan (dengan perkataan, ‘Mengapa kau kerjakan begini?’), tidak pula karena ada sesuatu yang tidak kukerjakan (beliau berkata, ‘Mengapa tidak kau kerjakan?’). Rasulullah ﷺ adalah sebaik-baik manusia, ditinjau dari segi akhlaknya. Tidak pernah aku menyentuh kain yang terbuat dari bulu dan sutra, tidak pula sesuatu lainnya yang lebih lembut dari telapak tangan Rasulullah ﷺ. Tidak pula aku pernah mencium kesturi atau minyak wangi yang lebih wangi dari keringat Rasulullah ﷺ.”

Aisyah ra. berkata, “Rasulullah bukanlah orang yang keji, beliau ﷺ tidak membiarkan kekejian, tiada mengeluarkan suara keras di pasar-pasar, dan tidak membalas kejahatan orang lain dengan kejahatan. Beliau suka memaafkan dan berjabat tangan.”

Baca Juga  Tak ada yang Mati, Kita Semua hanya Meninggal(kan) Dunia

Aisyah ra. mengabarkan, “Rasulullah ﷺ tidak pernah memukul sesuatu dengan tangannya, kecuali tatkala beliau ﷺ berjihad fi sabilillah. Beliau pun tidak pernah memukul pembantu dan wanita.”

Ibnu Abbas ra. berkata, “Rasulullah ﷺ adalah orang yang paling pemurah dalam kebaikan. Sifat pemurahnya itu lebih menonjol lagi pada Ramadan sampai akhir bulan. Pada bulan tersebut datanglah Jibril, lalu dibacakan kepadanya Al-Qur’an. Bila Jibril telah menemui beliau, jadilah Rasulullah ﷺ orang yang paling murah hatinya dengan kebaikan melebihi angin yang bertiup kencang.”

Ar-Rubayyi binti Mu’awwidz bin Afra ra. bercerita, “Aku mendatangi Rasulullah ﷺ dengan membawa sebaki kurma yang baru masak dan mentimun yang berbulu halus. Kemudian beliau memberiku perhiasan dan emas sepenuh telapak tangan.”

Ummul mukminin Aisyah ra. berkata, “Sesungguhnya Nabi ﷺ menerima hadiah dan membalas hadiah.” Wallaahu a’lam. 

Referensi: Kitab Asy-Syamailul Muhammadiyyah karya Imam At-Tirmidzi.

Selengkapnya: https://www.muslimahnews.com/2021/10/05/budi-pekerti-rasulullah-%ef%b7%ba/

Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Zikir Saat Ngobrol, Amalan Yang Paling Disukai Allah

4 November 2022 - 10:00 WIB

Zikir Saat Ngobrol, Amalan Yang Paling Disukai Allah

Ini Orang Yang Paling Bahagia Mendapatkan Syafaat Rasulullah

28 September 2022 - 10:00 WIB

Ini Orang Yang Paling Bahagia Mendapatkan Syafaat Rasulullah

Doa Nabi Ibrahim Untuk Kemerdekaan dan Kemakmuran Negeri

19 Agustus 2022 - 10:00 WIB

Doa Nabi Ibrahim Untuk Kemerdekaan dan Kemakmuran Negeri

5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Berdoa

4 Agustus 2022 - 10:00 WIB

5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Berdoa

Ini 12 Ibadah Utama Di bulan Muharam

30 Juli 2022 - 14:30 WIB

Belajar Sains dan Teknologi Itu Ibadah, Hukumnya Sama dengan Belajar Ilmu Agama

7 Juli 2022 - 08:00 WIB

Belajar Sains dan Teknologi Itu Ibadah, Hukumnya Sama dengan Belajar Ilmu Agama
Trending di Taubat