Menu

Mode Gelap

Fikih Harian · 5 Okt 2021 15:00 WIB ·

Hadis Nabi, Garansi Masuk Surga Bagi Umat Islam


					Hadis Nabi, Garansi Masuk Surga Bagi Umat Islam Perbesar

Jalanhijrah.com-Surga adalah tempat penuh kenikmatan yang pasti setiap orang menginginkannya. Tidak ada orang yang tidak menginginkannya. Hal ini karena dengan hidup di surga pasti ada jaminan kebahagiaan. Dan berdasarkan hadis Nabi, syukur Alhamdulillah, semua umat Islam mendapatkan garansi untuk masuk surga.

Nabi Muhammad bersabda

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: « كُلُّ أُمَّتِيْ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ، إِلاَّ مَنْ أَبَى »، قَالُوا: يَا رَسُولَ الله، وَمَنْ يَأْبَى ؟ قَالَ صلى الله عليه وسلم: « مَنْ أَطَاعَنِى دَخَلَ الْجَنَّةَ ، وَمَنْ عَصَانِى فَقَدْ أَبَى » رواه البخاري.

Artinya: “Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam bersabda, “Semua umatku akan masuk Surga, kecuali orang yang enggan”. Para Shahabat radhiallahu’anhum bertanya: Siapakah yang enggan, wahai Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam? Beliau Shallallahu’alahi Wasallam bersabda: “Barangsiapa yang menaatiku maka dia akan masuk Surga, dan barangsiapa yang durhaka kepadaku maka sungguh dialah yang enggan” [HR. Bukhori].

Dilihat dari hadis ini sangat jelas bahwa Nabi Muhammad sudah menggaransi umat Islam untuk masuk surga. Hal ini terlihat dari sabdanya, “Setiap umat Islam akan masuk surga”. Meskipun demikian malah ada umat Islam yang enggan masuk surga.

Garansi umat Islam Masuk surga ini dengan satu prasyarat saja yaitu dengan mengikuti ajarannya. Dan dengan mengikuti ajarannya maka akan diampuni dosanya oleh Allah.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Baca Juga  Bagaimana Hukum Islam Membuat Konten yang Membahayan Diri dan Orang Lain?

Artinya: “Katakanlah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah sunahku. Niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [QS Ali Imran : 31].

Sedangkan keengganan umat Islam masuk surga ini disebabkan karena umat Islam berbuat maksiat dengan tidak mengikuti ajaran Rasulullah.

Oleh karena yang demikian, wajib hukum bagi umat Islam untuk patuh kepada ajaran Rasulullah. Karena dengan kepatuhan inilah kita akan mendapatkan garansi untuk masuk surga. Amin

 

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Khotbah Rasulullah Ketika Memasuki Bulan Rajab

27 Januari 2023 - 14:12 WIB

Khotbah Rasulullah Ketika Memasuki Bulan Rajab

Hukum Mencetak Buku Yasin Untuk Orang Yang Meninggal Dunia

26 Januari 2023 - 14:00 WIB

Hukum Mencetak Buku Yasin Untuk Orang Yang Meninggal Dunia

Ingin Punya Istana di Surga, Perbanyak Bersedekah Di Bulan Rajab

24 Januari 2023 - 15:00 WIB

Ingin Punya Istana di Surga, Perbanyak Bersedekah Di Bulan Rajab

Hukum Membunuh Semut Dalam Islam

22 Januari 2023 - 12:00 WIB

Hukum Membunuh Semut Dalam Islam

Tiga Jenis Menangis Yang Harus Engkau Rasakan

21 Januari 2023 - 15:00 WIB

Tiga Jenis Menangis Yang Harus Engkau Rasakan

4 Cara Meredam Marah Dan Emosi Menurut Rasulullah

19 Januari 2023 - 15:00 WIB

4 Cara Meredam Marah Dan Emosi Menurut Rasulullah
Trending di Fikih Harian