Tangkal Terorisme dengan Soft Approach, BNPT Resmikan KTN dan Warung NKRI Garut

Jalanhijrah.comGarut – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar soft opening Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) seluas 10 Hektare di Desa Haruman Sari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Sabtu 2 Juli 2022.

Sebelumnya, BNPT sukses sukses menggelar soft launching KTN di Turen Jawa Timur dan Sumbawa Nusa Tenggara Barat.

Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H, mengatakan, kehadiran KTN Garut merupakan implementasi konsep pentahelix dalam menangkal paham radikalisme terorisme dengan melibatkan banyak pihak.

Ia berharap, pihak-pihak eksternal ini dapat bersinergi dengan BNPT untuk mensukseskan program KTN.

“Wilayah Garut di Jawa Barat dipilih menjadi salah satu lokasi pembangunan KTN mengingat Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu dari lima wilayah provinsi yang masuk lokus sinergisitas penanggulangan terorisme,” ujarnya, Sabtu 2 Juli 2022.

Menurut Boy Rafli, program ini merupakan salah satu bentuk pendekatan lunak yang mengedepankan aspek kesejahteraan dengan memberikan fasilitas kepada mitra deradikalisasi, penyintas dan masyarakat untuk mengembangkan produktivitas ekonomi.

“Kawasan ini juga dijadikan sarana reintegrasi sosial bagi mitra deradikalisasi agar memiliki kemandirian ekonomi,” ucapnya.

Boy Rafli menyebutkan, nantinya lahan yang berada di Desa Haruman Sari ini akan dimanfaatakan sebagai area budidaya lebah madu, jagung, gula aren, alpukat dan juga sebagai objek pariwisata. Pihaknya berharap, pemanfaatan lahan tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan mitra derad dan warga sekitar.

Baca Juga  Sabda Nabi, Lakukanlah Yang Engkau Bisa Maka Engkau Akan Luar Biasa

“Penerima manfaat terdiri dari 6 orang mitra derad (eks narapidana terorisme) dan masyarakat sekitar,” ucapnya.

Ia menuturkan, pihak yang terlibat membantu terlaksananya kegiatan ini di antaranya K/L yang tergabung dalam program sinergisitas antar K/L dalam penanggulangan terorisme, Pemerintah Kabupaten Garut, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Alba Baja Banten, PT Eigerindo Multi Produk Industri, PT Hardcorindo.

Selain meresmikan KTN Garut, Dalam kesempatan tersebut Kepala BNPT juga meninjau Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (Warung) NKRI dan Posko KTN Garut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah pejabat tinggi BNPT, perwakilan dari Pemprov Jabar, Ketua FKPT Jabar, Wakl Bupati Garut, Dr. Helmi Budiman, Kapolres Garut, AKBP WUrdnato Hadicaksono, Dandim 0611 Garut, perwakilan Bank Mandiri, PT Alba Baja Banten, Eiger PT Eigerindo Multi Produk Industri, dan lainnya.

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *