doa anak kepada orang tua

Jalanhijrah.com-Doa adalah senjatanya orang beriman. Begitulah sabda Nabi Muhammad yang begitu menggetarkan. Doa adalah sarana dan bukti penghambaan manusia kepada Allah SWT. Tanpa doa, manusia akan sombong dan lupa akan tuhannya. Namun jika manusia berdoa, maka manusia pasti memohon. Memohon apapun kepada Allah adalah bentuk nyata penghambaan manusia. Dan pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai keutamaan doa anak kepada orang tua.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kesuksesan seorang anak tidak pernah lepas dari lantunan doa orang tua. Doa orang tua yang dipanjatkan akan menggetarkan arsy, sehingga dikabulkan oleh Allah. Doa orang tua terhadap anak itu penting sekali. Namun demikian perlu diketahui juga bahwa doa anak kepada orang tua juga sangat penting.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah menjelaskan tentang kemuliaan yang luar biasa didapatkan oleh orang tua lantaran doa yang tulus dari anak-anaknya. Berkah doa anaknya, orang tua tersebut bisa mendapatkan kenikmatan luar biasa di sisi Allah.

إن الله ليرفع الدرجة للعبد الصالح في الجنة فيقول : يا رب ، أنى لي هذه ؟ فيقول : باستغفار ولدك لك “

Artinya: “Sesungguhnya Allah benar-benar mengangkat derajat seorang hamba yang saleh di surga. Sang hamba ini pun berkata, ‘Ya Rabb, bagaimana bisa setinggi ini?’ Allah berfirman, ‘Karena permohonan ampun anakmu untukmu.’”

Dari hadis ini menjadi jelas bahwa doa anak kepada orang tuanya memiliki keutamaan yang luar biasa. Doa anak itu luar biasa, begitupun sebaliknya doa orang tua kepada anaknya jauh lebih luar biasa.

Baca Juga  Masih Di Bulan Syawal, Jangan Lupa lakukan Shalat Sunah Utaqa

Pertautan doa dari anak kepada orang tua dan orang tua untuk anaknya, tentu akan mengantarkan keluarga ini masuk surga bersamaan. Hal ini seperti yang dijanjikan oleh Allah dalam Al-Quran bahwa orang yang beriman akan dipertemukan dengan anak cucunya kelak di surga berkat doa dan keimanannya yang diturunkan.

وَٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّبَعَتۡهُمۡ ذُرِّیَّتُهُم بِإِیمَـٰنٍ أَلۡحَقۡنَا بِهِمۡ ذُرِّیَّتَهُمۡ وَمَاۤ أَلَتۡنَـٰهُم مِّنۡ عَمَلِهِم مِّن شَیۡءࣲۚ كُلُّ ٱمۡرِىِٕۭ بِمَا كَسَبَ رَهِینࣱ

Artinya: “Dan orang-orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami (Allah) pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga), dan Kami (Allah) tiada mengurangi sedikit pun pahala amal (kebajikan) mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya.‘ (QS. At-Thur: 21)

Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan doa anak kepada orang tuanya. Wallahu A’lam.

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *