Masjid Istiqlal Gaza, Simbol Persaudaraan Indonesia-Palestina

Jalanhijrah.com Gaza – Direktur Yayasan Kasih Palestina Sopian Supriyanto menyatakan akhirnya wilayah Gaza Palestina memiliki masjid baru bernama Masjid Istiqlal Indonesia. Ia menyebut masjid ini dibangun sebagai simbol persaudaraan antara dua bangsa.

Bahkan masjid ini diresmikan bertepatan 44 tahun Masjid Istiqlal di Indonesia berdiri. Sopian mengatakan pemilihan dan penggunaan kata “Istiqlal” yang serupa dengan Masjid Istiqlal di Indonesia memiliki makna yang sarat doa penuh harap untuk Palestina.

“Istiqlal merupakan kata berasal dari Bahasa Arab yang berarti merdeka. Pejuang-pejuang Bangsa Indonesia terdahulu memilih kata ini sebagai bentuk rasa syukur atas merdekanya Indonesia dari para penjajah,” tutur dia.

Kini harapan, doa, dan perjuangan bangsa Indonesia kembali bergelora untuk Palestina merdeka. Kata Istiqlal kembali dipilih untuk masjid pertama yang dibangun Sahabat di Indonesia bagi para saudaranya di Palestina.

“Diresmikannya masjid ini menandai dimulainya kegiatan bersama layaknya dua saudara. Dengan segenap cinta, masjid ini akan selalu hadir membersamai saudara-saudara kami yang masih memperjuangkan kemerdekaannya. Sebagaimana makna dari kata “Istiqlal” yang berarti kemerdekaan, mudah-mudahan Allah SWT segera memberikan anugerah kemerdekaan kepada Bangsa Palestina.”,kata dia dalam pidato sambutannya.

Sopian menyatakan Masjid Istiqlal Indonesia Gaza dibangun begitu megahnya dalam tiga tahun terakhir. Peletakan batu pertama di tahun 2019 disaksikan langsung oleh ribuan rakyat Palestina dengan perasaan haru dan penuh syukur.

Baca Juga  Gus Yahya: R20 Berakhir, Tapi Dialog untuk Perdamaian Dunia Harus Tetap Berlanjut

Dr. Younis Al-Astal, salah satu figur publik Gaza mengucapkan syukur dan terima kasih bagi seluruh Bangsa Indonesia. “secara khusus juga saya sampaikan terima kasih untuk Presiden Republik Indonesia, yang sangat kami cintai dari lubuk hati kami yang paling dalam, Bapak Presiden Joko Widodo. Tidak lupa pula kami sampaikan terima kasih secara khusus untuk Yayasan Kasih Palestina, yang telah mengkoordinir pengumpulan dana dari para donatur untuk pembangunan Masjid yang begitu megah ini,” kata dia pada Selasa (22/02/2022).

“Masjid Istiqlal di Jakarta memiliki ikatan sejarah dengan Masjid ini”, pungkasnya.

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *