Malam Nisfu Syaban, Malam Penuh Ampunan

Jalanhijrah.com-Malam Nisfu Syaban adalah malam yang penuh ampunan dari Allah swt. Banyak keutamaan-keutamaan Nisfu Syaban yang disebutkan dalam hadis-hadis nabi. Diantara keutamaan yang luar biasa dari malam Nisfu Syaban adalah malam penuh ampunan.

Nisfu Syaban untuk tahun 2023 ini jatuh pada tanggal 8 Maret. Oleh karenanya pada malam yang penuh ampunan ini kita gunakan untuk memperbanyak doa. Semoga dengan lantaran Nisfu Syaban ini segala dosa-dosa yang kita lakukan diampuni oleh Allah swt. Dalam hadisnya Rasulullah dengan jelas menyatakan bahwa pada Nisfu Syaban, Allah menurunkan rahmat dan ampunannya

عَنْ مُعَاذٍ بِنْ جَبَلٍ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ يَطَّلِعُ اللهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ, فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ, إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

“Dari Sayyidina Mu’ad Bin Jabal, dari Nabi SAW beliau berkata: “Allah Tabaraka wa Ta’ala melihat kepada makhluk-Nya pada Nisfu Syaban, lalu Allah mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.”

Selain malam penuh ampunan, Nisfu Syaban juga disebut juga malam pengabulan doa. Karena dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ali, Rasulullah bersabda untuk memperbanyak sholat di malam Nisfu Syaban dan puasa pada siangnya. Hal ini lantaran pada Nisfu Syaban Allah akan mengabulkan segala permintaan.

“Dari Sayyidina Ali bin Abu Thalib bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Apabila tiba malam Nisfu Syaban, sholatlah pada malam harinya dan puasalah di siang harinya karena Allah menyeru hamba-Nya di saat tenggelamnya matahari, lalu berfirman: ‘Adakah yang meminta ampun kepada-Ku? niscaya Aku akan mengampuninya, Adakah yang meminta rezeki kepada-Ku? niscaya akan memberinya rezeki. Adakah yang sakit? niscaya Aku akan menyembuhkannya, Adakah yang demikian (maksudnya Allah akan mengabulkan hajat hambanya yang memohon pada waktu itu) sampai terbit fajar”

Baca Juga  Inilah Sumber Dosa Jariyah Yang Jarang Diketahui

Semoga kita semua bisa memperbanyak ibadah di Nisfu Syaban ini, sehingga segala dosa kita diampuni dan segala hajat dikabulkan oleh Allah Swt. Amiiin

Penulis: Ahmad Khalwani-Penikmat Kajian Keislaman

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *