Puasa Arafah Puasa Khusus Umatnya Nabi Muhammad

Jalanhijrah.com – Salah ibadah yang dianjurkan dalam Islam ketika memasuki bulan Zulhijah adalah puasa Arafah. Puasa Arafah dilakukan ketika para jemaah haji sedang melakukan wukuf di tanah Arafah dan puasa ini jatuh pada tanggal 9 Zulhijah. Perlu diketahui bahwa puasa Arafah itu merupakan puasa yang sangat istimewa, karena merupakan puasa ini khusus puasanya umatnya Nabi Muhammad.

Nabi Muhammad sendiri dalam hadisnya menjelaskan mengenai keutamaan melaksanakan puasa Arafah ini.

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ

Artinya: “Puasa hari Arafah, Aku berharap kepada Allah dapat menghapuskan (dosa) tahun sebelum dan tahun sesudahnya.” (HR. Muslim)

Dalam riwayat yang lain juga diterangkan hal yang demikian

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ غُفِرَ لَهُ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ

Artinya: “Barangsiapa berpuasa pada hari Arafah, maka ia diampuni dosa-dosanya yang lalu dan yang akan datang (HR. Ibnu Umar).

Terkait hadis ini, Syekh Abi Bakar Syatha Al-Dimyathi dalam kitabnya I’anatut Thalibin menjelaskan alasan kenapa puasa Arafah bisa menghapus dosa tahun lalu dan yang akan datang. Alasannya utamanya yaitu karena puasa ini merupakan puasa khusus umatnya Nabi Muhammad

(فائدة) الحكمة في كون صوم يوم عرفة بسنتين وعاشوراء بسنة، أن عرفة يوم محمدي – يعني أن صومه مختص بأمة محمد – صلى الله عليه وسلم – – وعاشوراء موسوي، ونبينا محمد أفضل الأنبياء – صلوات الله عليهم أجمعين – فكان يومه بسنتين. اه مغنى.

Baca Juga  Bagaimana Hukum VCS?

Artinya : “Faedah: hikmah mengapa keutamaan puasa Arafah adalah menghapus dosa selama 2 tahun, sedang puasa Asyura (10 Muharram) hanya menghapus dosa selama satu tahun adalah bahwa Arafah merupakan hari Muhammadi. yaitu puasa khusus bagi umatnya Rasulullah Saw, sedangkan Asyura merupakan harinya Nabi Musa As. Memandang Nabi kita baginda Muhammad adalah paling utamanya para nabi, tentunya ia mendapatkan sesuatu yang lebih dari pada lainnya, termasuk dalam hal penghapusan dosa ini.

Karena puasa ini merupakan puasa khusus umatnya Nabi Muhammad, yuk lakukan puasa ini agar memperoleh berbagai keutamaan.

Penulis: Ahmad Khalwani Penikmat Kajian keislaman

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *