Menu

Mode Gelap

News · 29 Mar 2022 18:51 WIB ·

Masjid Ujung Tombak Pembangunan SDM Agamais dan Nasionalis


					Masjid Ujung Tombak Pembangunan SDM Agamais dan Nasionalis Perbesar

Jalanhijrah.com Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar Boy Rafli, menyatakan bahwa masjid dapat menjadi ujung tombak pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang agamais dan nasionalis.

Oleh karenanya, Kepala BNPT mewanti-wanti agar semua jamaah bersama-sama menjaganya agar kegiatan di masjid bisa memberi pemahaman agama yang bagus, yang diiringi semangat cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mari kita jadikan masjid itu tempat bagi pembangunan manusia Indonesia yang paripurna lahir dan batin, yang memiliki pemahaman agama yang bagus juga diiringi dengan semangat kecintaan terhadap negaranya,” ujar Kepala BNPT dalam keterangannya di laman resmi bnpt.go.id terkait acara peresmian Masjid Sumaryati Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Ibad 3 di Jasinga, Kabupaten Bogor pada Minggu (27/3/2022).

Peresmian masjid dan peletakan batu pertama Ponpes Nurul Ibad dihadiri oleh pendiri Ponpes Nurul Ibad yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2022-2027, Abuya Muhammad Syakrim, serta jajaran pejabat BNPT.

Menurut Boy Rafli, masjid memiliki peran penting dalam menyiarkan dakwah yang rahmatan lil alamin atau yang memberi rahmat untuk alam semesta.

Dakwah oleh organisasi dan tokoh agama ini diyakini bisa merespon maraknya fenomena radikalisasi di rumah ibadah di berbagai daerah.

“Masjid diharapkan dapat menjadi tempat untuk melakukan dakwah, terutama bangsa Indonesia ini dakwah yang rahmat bagi alam semesta,” katanya.

Baca Juga  Ketua Umum PBNU Apresiasi Penetapan Bahar bin Smith Sebagai Tersangka Terorisme

Lebih lanjut Boy mengatakan, pihaknya juga terus merajut kerja sama dengan organisasi dan tokoh agama melalui berbagai kegiatan agar penyalahgunaan rumah ibadah ini tidak terulang kembali.

Salah satu kegitan tersebut adalah peresmikan masjid Ponpes Nurul Ibad 3. Ponpes itu akan dikembangkan menjadi pusat pembinaan santri-santriwati untuk menangkal radikalisme, terorisme dan intoleransi yang berkembang di masyarakat.

“Saya optimis ponpes Nurul Ibad akan mencetak generasi yang unggul dalam berbagai bidang,” imbuhnya.

Sementara itu, pengurus ponpes Nurul Ibad Ibnu Mulkan menyatakan komitmennya untuk memperkuat kerja sama dengan BNPT dan instansi terkait dalam menghadapi radikalisme.

“Harapan kami baik masjid dan ponpesnya dapat bekerja sama dengan BNPT dan instnsi terkait dalam memberantas radikalisme, intoleransi dan terorisme,” kata Ibnu.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Armenia dan Azerbaijan Didesak Akhiri Permusuhan

5 Agustus 2022 - 10:00 WIB

Armenia dan Azerbaijan Didesak Akhiri Permusuhan

Bekas Ketua FPI Banjarnegara Ingatkan Bahaya Radikalisme

4 Agustus 2022 - 15:00 WIB

Bekas Ketua FPI Banjarnegara Ingatkan Bahaya Radikalisme

Maba ITS Dibekali Wawasan Kebangsaan Agar Tak Terjebak Radikalisme

4 Agustus 2022 - 12:00 WIB

Maba ITS Dibekali Wawasan Kebangsaan Agar Tak Terjebak Radikalisme

Wagub Jambi Meminta FKUB Terus Jaga Kerukunan Beragama

31 Juli 2022 - 14:55 WIB

Wagub Jambi Meminta FKUB Terus Jaga Kerukunan Beragama

Wagub Jambi Meminta FKUB Terus Jaga Kerukunan Beragama

31 Juli 2022 - 09:00 WIB

Wagub Jambi Meminta FKUB Terus Jaga Kerukunan Beragama

Aparatur Pemerintah Berlatih Tangani Tindak Pidana Pendanaan Terorisme

30 Juli 2022 - 10:00 WIB

Trending di News