Larangan Menghina dan Membully Dalam Islam

Jalanhijrah.com– Islam adalah agama akhlak. Sopan santun dalam Islam sangat diutamakan, bahkan dalam suatu hadis diterangkan bahwa, tiadalah Nabi Muhammad diutus ke dunia ini melainkan untuk menyempurnakan akhlak. Dalam Islam adalah perbuatan-perbuatan yang dilarang yaitu menghina dan membully. Karena perbuatan ini bertentangan dengan ajaran-ajaran yang di bawa Nabi Muhammad.

Di era yang serba modern ini, menghina dan membully merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan, terutama di media sosial. Ramai-ramai netizen menghina dan membully seseorang yang dianggap melakukan kesalahan. Padahal dalam Islam, menghina dan membully adalah larangan yang amat nyata. Dalam Al-Quran, Surat Al-Hujurat, Ayat 11 dinyatakan dengan jelas tentang larangan menghina ini.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah komunitas  merendahkan komunitas yang lain, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik dari mereka yang merendahkan. Dan jangan pula komunitas perempuan merendahkan komunitas yang lain, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik dari yang merendahkan. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan julukan yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. [QS. Al-Hujurat, 11].

Baca Juga  Benarkah Gabung NU Bisa Membuat Kita Selamat dari Ekstremisme?

Dalam ayat ini amat jelas tentang larangan menghina, bahkan dalam ayat ini dijelaskan, terkadang orang yang dihina justru lebih mulia daripada yang menghina.

Dunia ini berputar, jangan menghina karena kemiskinan, siapa tahu kedepan keadaan berbalik. Jangan menghina karena kebodohan, siapa tahu di masa mendatang keadaan berbalik. Selalu menjaga akhlak dimanapun berada dan jangan saling menghina. Karena saling menghina tidak akan pernah membawa kebaikan. Saling menghina justru membawa umat kepada perpecahan dan pertikaian, Wallahu A’lam bishowab.

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *