Jalanhijrah.com-Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh seseorang adalah melakukan sesuatu untuk melindungi diri sendiri dan keluarga. Upaya untuk melindungi diri ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara baik secara duniawi atau ukhrawi. Upaya perisai diri secara duniawi tentu bisa dilakukan dengan ikut asuransi, menjaga kesehatan, menjaga ucapan yang menyakitkan, memperbanyak relasi, dan lain sebagainya. Sedangkan upaya perisai diri dan keluarga secara ukhrawi bisa dengan menjalankan ritual-ritual agama seperti sedekah dan membaca doa Rasulullah. Dan berikut doa Rasulullah untuk perisai diri dan keluarga.

Dalam Al-Quran dijelaskan secara gamblang bahwa seseorang diwajibkan untuk menjaga dirinya dan keluarganya dari api neraka. Api neraka di sini bisa bermakna sesungguhnya yaitu neraka juga bisa bermakna kiasan yaitu mara bahaya di dunia.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS. At Tahrim: 6)

Oleh karena menjaga diri dan keluarga merupakan sebuah kewajiban, maka alangkah lebih baiknya untuk melazimkan doa perisai dari Rasulullah setiap harinya. Dan berikut redaksi doa Rasulullah untuk perisai diri dan keluarga.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

Baca Juga  Bolehkah Bercanda Sambil Menyembunyikan Barang Orang Lain

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga, dan hartaku. Wahai Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari depan, belakang, kanan, kiri, dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh).” (HR. Abu Daud)

Semoga dengan melazimkan doa Rasulullah ini, diri kita dan keluarga kita akan senantiasa dijaga oleh Allah dari keburukan dunia dan akhirat. Amin.

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *