Hadis Nabi, Sedekah Paling Utama di Bulan Ramadhan

Jalanhijrah.com-Salah satu ajaran dalam Islam yang amat mulia adalah sedekah. Sedekah adalah upaya memberikan bantuan, baik itu materi, ataupun non materi kepada yang membutuhkan. Dalam Islam, sedekah ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang selaras dengan kemanusiaan dan kemaslahatan. Islam sendiri menganjurkan untuk bersedekah setiap waktu, namun demikian, menurut hadis Nabi Muhammad, sedekah yang paling utama adalah sedekah di Bulan Ramadhan.

Perlu diketahui, bahwa perintah bersedekah ini tidak hanya ditujukan bagi orang yang mampu saja, melainkan kepada setiap umat Islam., akan tetapi dalam bersedekah ini disesuaikan dengan kemampuannya. Dalam Al-Quran diterangkan

لِيُنْفِقْ ذُوسَعَةٍ مِّن سَعَتِهِ، وَمَن قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ، فَلْيُنفِقْ مِمَّآ ءَاتَـٰهُ ٱللّٰهُ لَايُكَلِّفُ ٱللّهُ نَفْسًا إِلَّا مَآ ءَاتَـٰهَا سَيَجْعَلُ ٱللّٰهُ بَعْدَ عُسْرٍيُسْرًا

Artinya: “Hendaknya orang-orang yang diberi keluasan rezeki (orang kaya) menafkahkan sebagian dari kekayaannya dan bagi siapa yang sempit rezekinya hendaklah ia menafkahkan menurut apa yang dianugerahkan Allah kepadanya (yakni ala kadarnya). Allah tak akan memaksa seseorang banyak menurut apa-apa yang telah dianugerahkan-Nya dan Allah menjadikan memudahkan setelah kesukaran.” (At-Talaq ayat 7)

Dari ayat ini jelas bahwa Islam adalah agama yang memerintahkan umatnya untuk bersedekah sesuai dengan kemampuannya. Rasulullah sendiri menguatkan ayat ini, dengan menjelaskan bahwa sedekah adalah salah satu tanda bahwa manusia itu saling menyayangi. Rasulullah juga menjelaskan bahwa bersedekah ini mengantarkan pada pahala atau ganjaran dari Allah Swt

Baca Juga  Masjid Istiqlal Gaza, Simbol Persaudaraan Indonesia-Palestina

إِرْحَمُوْا بَنِي آدَمِ بِالصَّدَقَاتِ تُؤْجَرْوْا

Artinya: “Berbelas kasihlah kepada anak cucu Adam (umat manusia) dengan sedekah dan bantuan-bantuan, niscaya kalian dilimpahi pahala oleh Allah SWT.”

Rasulullah dalam hadis yang lain juga memberitahukan kepada umatnya bahwa sedekah yang paling utama itu dibulan Ramadhan.

عَن اَنَسٍ قِيْلَ رَسُولَ اللّٰهِ اَيُّ صَدَقَةِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِى رَمَضَانَ

Artinya: “Dari Anas r.a sahabat bertanya, wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama? Rasulullah menjawab, sedekah di bulan Ramadhan.”

Walhasil, semoga dibulan yang mulia ini, di Bulan Ramadhan, kita semua bisa memperbanyak sedekah. Karena sedekah pada bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang luar biasa.

Bentuk sedekah di bulan Ramadhan ini bisa dilakukan dengan banyak hal, seperti berbagi takjil saat menjelang buka puasa, memberikan iftar bagi muazin magrib di setiap masjib dan lain sebagainya.

Ahmad Khalwani

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *