Doa Nabi Ibrahim Untuk Kemerdekaan dan Kemakmuran Negeri

Jalanhijrah.com – Tanggal 17 Agustus 1945 adalah tonggak kemerdekaan Indonesia. Deklarasi kemerdekaan yang dibacakan oleh Soekarno-Hatta menjadi penanda baru bahwa Indonesia sudah merdeka dan berhak menentukan jalan hidupnya sendiri. Dengan kemerdekaan tentunya, setiap bangsa bebas untuk terbebas dari intervensi bangsa lain. Dan berikut doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim untuk kemerdekaan dan kemakmuran sebuah negeri.

Nabi Ibrahim sendiri pernah tinggal di beberapa tempat, seperti Babilonia, Suriah, Palestine dan Makkah. Saat tinggal di Makkah, Nabi Ibrahim merasakan kedamaian dan kebahagiaan. lantas Nabi Ibrahim memanjatkan doa untuk kemerdekaan dan kemakmuran negeri Makkah. Doa Nabi Ibrahim ini lantas diabadikan oleh Allah dalam Al-Quran, Surat Al-Baqarah 126.

رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ

Rabbij’al hâdzâ baladan âminan warzuq ahlahû minats tsamarâti man âmana minhum billâhi wal yaumil âkhir 

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian.” (QS. Al-Baqarah [2]: 126)

Meskipun doa ini dipanjatkan untuk negeri Makkah, namun doa ini bisa dipanjatkan untuk kelanggengan dan kemakmuran Indonesia.

Di momen kemerdekaan ini, andaikata doa ini dipanjatkan oleh semua warga Negara Indonesia, insya Allah, Arsy akan bergetar dengan lantunan doa-doa warga Indonesia untuk kemakmuran bangsa.

Baca Juga  Inilah Hukum Memakai Rambut Palsu Untuk Berhias

Sebagaimana diketahui, banyak sekali masyarakat Indonesia saat malam 17 Agustus yang melakukan tirakatan dan tasyakuran dengan memanjatkan doa-doa. Semoga dengan lantunan doa-doa tersebut kemerdekaan Indonesia akan tetap langgeng dan Indonesia dijadikan sebagai negeri yang makmur dan di Ridhoi Allah, sebagaimana ciri negeri yang makmur yang termaktub dalam Al-Quran

وَٱشۡكُرُواْ لَهُۥۚ بَلۡدَةٞ طَيِّبَةٞ وَرَبٌّ غَفُورٞ

Artinya: bersyukurlah kepada-Nya, (Negerimu) adalah negeri yang baik (nyaman) sedang (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun.” (QS. Saba’: 15)

Semoga kita semua diberi hidayah oleh Allah, agar bisa istikamah membaca doa Nabi Ibrahim ini untuk kemakmuran Indonesia,

Penulis: Ahmad Khalwani

Penikmat Kajian keislaman

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *