Ini Doa Menyelesaikan Segala Masalah

Jalanhijrah.com– Setiap manusia yang hidup didunia ini pasti memiliki masalahnya sendiri. Dengan pemahaman yang seperti ini maka dengan jelas tidak ada manusia yang tidak memiliki masalah. Oleh karena yang demikian maka manusia diwajibkan oleh Allah untuk menyelesaikan permasalahan yang dialaminya itu dengan usaha dan doa. Dan berikut doa yang dibaca untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Doa menyelesaikan masalah yang umum dibaca dengan redaksi yang pendek dan mudah dihafal adalah sebagai berikut

اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahla wa anta taj’alu al-hazna idza syi’ta sahla

Artinya: “Ya Allah tak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, dan yang sulit bisa Engkau permudah bila Engkau kehendaki mudah.”

Dan apabila masih terasa susah untuk dihafalkan maka bacalah doa menyelesaikan masalah yang lebih pendek lagi. Redaksinya adalah sebagai berikut

اَللّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّر

Alloohumma yassir wa laa tu’assir

Artinya: “Ya Allah mudahkanlah dan jangan Engkau persulit.”

Setiap permasalahan yang dihadapin manusia pasti ada jalan keluarnya. Namun demikian dalam beberapa masalah, cara penyelesaiannya adalah  dengan perjuangan keras.

Dan ketika menghadapi masalah, manusia tidak boleh putus atas dan pasrah, karena putus asa menghadapi masalah adalah larangan yang nyata dalam Islam, bahkan berputus asa ketika menyelesaikan masalah bisa menjatuhkan kadar keimanan ke dalam kekufuran. Dalam Al-Quran disebutkan

Baca Juga  SARA dan Polarisasi Tajam Dua Kubu Ultra Kanan

وَلَا تَا۟يْـَٔسُوْا مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ ۗاِنَّهٗ لَا يَا۟يْـَٔسُ مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ اِلَّا الْقَوْمُ الْكٰفِرُوْنَ

Artinya: “Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir.” [QS. Yusuf; 87]

Semoga dengan membaca doa menyelesaikan masalah di atas, kita semua akan dimudahkan ketika mendapatkan masalah. Dan bagi yang sedang mendapatkan masalah semoga Allah segera mencabut masalahnya, Amin.

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *