Hapus Dosamu Dengan Mempererat Tiga Ikatan Kepada Allah

Jalanhijrah.com – Manusia sebagaimana diketahui bersama adalah tempatnya salah dan lupa. Dan tidak sedikit kealpaan manusia kepada Allah mendatangkan dosa-dosa. Oleh karenanya Manusia wajib untuk senantiasa meminta ampunan atas dosa yang dilakukan baik yang disengaja atau tidak. Baik yang terang-terangan maupun tersembunyi. Dan salah satu cara menghapus dosa adalah dengan mempererat tiga ikatan kepada Allah.

Nabi Muhammad bersabda

وعن أبي هريرة – رضي الله عنه – : أنَّ رَسُول الله – صلى الله عليه وسلم – ، قَالَ : (( ألا أدُلُّكُمْ عَلَى مَا يَمْحُو اللهُ بِهِ الخَطَايَا ، وَيَرْفَعُ بِهِ الدَّرَجَاتِ ؟ )) قَالُوا : بَلَى يا رَسُول اللهِ ؟ قَالَ : (( إسْبَاغُ الوُضُوءِ عَلَى المَكَارِهِ ، وَكَثْرَةُ الخُطَا إلَى المَسَاجِدِ ، وَانْتِظَارُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الصَّلاَةِ ، فَذَلِكُمُ الرِّبَاطُ ، فذَلِكُمُ الرِّبَاطُ ))

Artinya: “Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda. “Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang dengannya, Allah menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat?.” Para sahabat berkata, “Tentu, wahai Rasulullah.” Rasulullah ﷺ bersabda. “Menyempurnakan wudu pada saat-saat yang tidak disukai, banyak melangkah ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat. Itulah yang namanya ribat (ikatan), itulah yang namanya ribat.” (HR: Muslim, no. 251).

Dari hadis ini bisa diketahui bahwa ada tiga ribat atau ikatan manusia dengan Allah. Yang mana, dengan ikatan ini Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat. Tiga ikat tersebut adalah

Baca Juga  Taliban Berkuasa di Afghanistan: Alasan Kenapa Nasionalisme Itu Penting

Satu, menyempurnakan wudu pada waktu yang tidak disukai. Seperti bangun malam-malam dalam keadaan dingin, kemudian mengambil wudu untuk melaksanakan munajat kepada Allah.

Kedua, memperbanyak langkah untuk menuju masjid. Hal ini menunjukkan salah satu ikatan kepada Allah adalah sering melakukan shalat berjamaah di masjid.

Ketiga adalah menunggu shalat setelah shalat. Shalat adalah ibadah yang paling utama, maka seseorang yang selalu menantikan ibadah shalat adalah manusia yang utama juga.

Demikianlah tiga ikatan kepada Allah yang harus dijaga. Dengan tiga ikatan ini, dosa-dosamu akan dihapus dan diangkat derajatnya.

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *