Hadis Nabi, Ingin Harapannya Segera Tercapai, Jagalah Ketenangan Hati..!

Jalanhijrah.com-Siapa si yang tidak ingin segala harapannya segera tercapai? Tentu ini hal klise untuk dipertanyakan. Setiap manusia yang hidup di dunia ini tentu ingin segala harapannya segera tercapai. Tentu banyak jalan agar harapan-harapannya itu segera tercapai. Namun demikian dari sekian banyak cara untuk mencapai segala harapannya adalah dengan ketenangan hati.

Orang yang memiliki ketenangan hati, akan dimudahkan oleh Allah untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi. Tentu orang yang memiliki ketenangan akan lebih mudah berfikir jernih sehingga mudah menemukan cara untuk meraih segala harapannya. Hal ini sesuai pesan hadis Nabi Muhammad SAW

إِذَا أَرَدْتَ أَمْرًا فَعَلَيْكَ فِيهِ بِالتُّؤَدَةِ حَتَّى يُرِيَكَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مِنْهُ الْمَخْرَجَ

Artinya, “Apabila engkau menghendaki sesuatu, maka engkau harus bersikap tenang, sehingga Allah memperlihatkan kepadamu jalan keluarnya.” (HR Bukhari)

Sikap tenang juga mencerminkan bahwa kita memiliki kesadaran diri yang baik, sehingga bisa menjadi penyebab untuk berpikir lebih jernih dalam menyikapi berbagai persoalan dan masalah yang ada. Dengan itu, semua aktivitas yang mudah akan semakin mudah, dan aktivitas yang sulit akan dipermudah oleh Allah swt. Karena dengan ketenangan itu akan Allah tampakkan jalan keluarnya.

Dalam hadis yang lain, Nabi Muhammad juga menyatakan dengan jelas bahwa orang yang memiliki ketenangan akan mudah meraih sesuatu. Sedangan orang yang terburu-buru justru akan semakin jauh dari hal yang diinginkan

Baca Juga  Doa Nabi Daud Untuk Membentuk Keluarga Sakinah

مَنْ تَأَنَّى أَصَابَ أَوْ كَادَ وَمَنْ عَجَّلَ أَخْطَأَ أَوْ كَادَ

Artinya, “Siapa saja yang bersikap tenang, maka ia akan memperoleh (kebenaran) atau mendekati, dan siapa saja yang terburu-buru maka akan keliru atau mendekati (kekeliruan).” (HR at-Thabrani).

Ketenangan hati, selain akan dibukakan jalannya oleh Allah untuk mencapai segala harapannya juga akan menambahkan keimanan seseorang. Hal ini karena orang yang bertambah imannya pasti ketenangannya akan meningkat. Hal ini sebagaimana ayat Al-Quran Surat Al-Fath Ayat 4

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَاناً مَعَ إِيمَانِهِمْ

Artinya, “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang beriman untuk menambahkan keimanan atas keimanan mereka.” (QS Al-Fath [48]: 4).

Walhasil dari keterangan ini semua, mari kita jaga ketenangan hati agar segala harapan segera tercapai dan agar keimanan kita kepada Allah semakin bertambah, Amin.

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *