sumber kebahagiaan

Jalanhijrah.com-Kebahagiaan adalah satu dari sekian banyak cita-cita yang pasti ingin dicapai oleh manusia. Sebagian filosof mengatakan bahwa orang yang mencari kebahagiaan tidak akan pernah menemukan kebahagiaan karena kebahagian itu ada pada keikutsertaan dan keterlibatan diri dalam kegiatan kebaikan dan aktivitas kehidupan. Tentu jika ditelusuri lebih dalam banyak sekali arti dan sumber kebahagiaan menurut para filosof. Pada Kesempatan ini, akan ditunjukan mengenai 3 sumber kebahagiaan manusia menurut hadis Nabi Muhammad

Dalam sebuah hadisnya, Rasulullah menerangkan mengenai 3 sumber kebahagiaan manusia secara umum. Sumber kebahagiaan ini tentu didasarakan pada tabiat manusia. Adapun 3 sumber kebahagiaan manusia adalah mempunyai rumah yang luas, tetangga yang baik dan kendaraan yang nyaman.

عن نا فع بن  لحا ر ث، عن النبي صلى ا لله عليه وسلم قال: من سعادةالمرءالمسكن الواسع، والجارالصالح، والمركب الهنيء

Artinya: “Dari Nafi’ bin al-Harist, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda, “diantara kebahagiaan seseorang adalah tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik serta kendaraan yang nyaman.”

Dari hadis ini, menjadi jelas bahwa ada 3 sumber kebahagiaan manusia

Pertama adalah mempunyai tempat tinggal yang luas. Secara hierarki kebutuhan, manusia akan merasa bahagia ketika papan, sandang dan pangan tercukupi. Tentu orang yang hidup didunia ini belum akan merasa bahagia seutuhnya apabila dalam hidupnya belum mempunyai tempat tinggal. Mempunyai tempat tinggal dan bahkan luas adalah salah satu sumber kebahagiaan manusia.

Baca Juga  Ali Kalora Mati, yang Hidup Masih Banyak Lagi

Kedua, mempunyai tetangga yang baik. Manusia adalah mahluk sosial, mahluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan dan interaksi dengan orang lain. Tentu manusia sebagai mahluk sosial ini akan sangat bahagia jika mempunyai teman sekeliling atau tetang yang baik. Tetangga yang baik akan memberikan kenyamanan dan kebahagiaan ketika beraktivitas di lingkungan tempat tinggalnya.

Ketiga adalah mempunyai kendaraan yang nyaman. Memiliki kendaraan yang nyaman sudah menjadi rahasia umum menjadi salah satu sumber kebahagiaan manusia saat ini. Terlebih di era modern seperti ini, kendaraan yang nyaman sudah menjadi kebutuhan pokok. Itu artinya apabila tidak memiliki kendaraan maka kebutuhan pokoknya tidak terpenuhi dan ini akhirnya akan berimbas pada kebahagiaan seseorang.

Walhasil, semoga dan semoga, 3 sumber kebahagiaan ini akan selalu ada menyertai langkah kehidupan kita selama di dunia, Amin.

ahmad Khalwani

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *