Najwa Shihab yang Penuh Inspirasi

Jalanhijrah.com-Najwa Shihab yang akrab kita kenal dengan sebutan Mbak Nana merupakan salah satu dari banyaknya perempuan cerdas dan berpendidikan di Indonesia. Ia merupakan seorang tokoh perempuan yang sangat menginspirasi banyak wanita di Indonesia dengan segudang prestasi yang telah beliau dapatkan. Najwa Shihab berusaha memberi pengertian bahwa tidak hanya laki-laki yang boleh berpendidikan tetapi perempuan juga boleh memiliki pendidikan tinggi; bahkan seorang wanita bisa berkarir tanpa melupakan kewajibannya sebagai seorang ibu dan istri.

Najwa Shihab lahir di kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada tanggal 16 September 1977. Ayah Najwa Shihab bernama Quraish Shihab dan Ibunya bernama Fatmawati Assegaf. Beliau telah menikah dengan Ibrahim Sjarief Assegaf pada tahun 1997 dan dikaruniai seorang putra bernama Izzat Ibrahim Assegaf yang dipanggil dengan nama Izzat.

Pendidikan Najwa Shihab

Kedua orang tua Najwa Shihab sangat menyukai pendidikan keagamaan, sehingga Najwa Shihab mendapatkan pendidikan mulai di TK Al-Quran. Setelah selesai menempuh pendidikan di taman kanak-kanak, Mbak Nana melanjutkan sekolah dasar di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah dan lulus pada tahun 1990. Kemudian setelah lulus dari Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah ia melanjutkan pendidikan di SMP Al-Ikhlas, Jeruk Purut, Jakarta Selatan; dan pada tahun 1993 ia lulus.

Setelah lulus dari SMP Al-Ikhlas, Jeruk Purut, Jakarta Selatan Najwa Shihab memilih SMA Negeri 6 Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya; namun tanpa ia sadari, ia mendapatkan beasiswa melalui program American Field Service (AFS). Program yang berlangsung di Amerika ini ia ikuti selama satu tahun. Bukankah hal ini dapat membuktikan bahwa Najwa Shihab mempunyai tingkat kecerdasan yang sangat istimewa dan jarang sekali siswa yang bisa mendapatkan program pertukaran pelajar seperti ini.

Baca Juga  Perlunya Desain Perlindungan Anak dari Virus Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme

Setelah melakukan program pertukaran pelajar ini, Najwa Shihab mengikuti seleksi beasiswa jalur PMDK (Program Bakat dan Minat) untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri; dan berkat usaha kerasnya serta segudang prestasi-prestasi yang telah ia raih, Najwa Shihab bisa lulus dan memilih Universitas Indonesia sebagai kampus yang akan mengantarkannya mewujudkan cita-cita dengan memilih program studi Ilmu Hukum. Setelah melewati berbagai keadaan saat menjadi mahasiswa Hukum; akhirnya pada tahun 2000 Najwa Shihab lulus dan mendapat gelar Sarjana Hukum (SH).

Najwa Shihab Sang Jurnalis ‘Agresif’

Karir Najwa Shihab bermula ketika beliau magang sebagai jurnalis di salah satu stasiun televisi yaitu RCTI. Berkat pengalaman magang yang beliau dapatkan, pada tahun 2006 Najwa Shihab berhasil masuk ke salah satu stasiun televisi yaitu Metro TV dan mendapat penghargaan sebagai jurnalis terbaik. Tidak hanya sampai di situ, Najwa Shihab juga berhasil masuk ke dalam nominasi Pembawa Acara Terbaik. Berkat kinerjanya yang profesional serta kegigihan dan kerja kerasnya dalam berkarir membuat Nana bisa masuk ke dalam banyak nominasi; salah satunya pada tahun 2007 Nana masuk kedalam nominasi 5 besar Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs/Talkshow Presenter tingkat Asia.

Kecintaannya terhadap dunia jurnalistik serta keinginannya yang besar untuk bisa menjadi seorang jurnalis akhirnya terwujud; yang kemudian mengantarkan Nana bisa memiliki program talkshow sendiri yang bernama “Mata Najwa”. Talkshow ini bertema politik yang pertama kali tayang di salah satu stasiun televisi yaitu Metro TV; namun pada akhirnya berubah dan acara ini sekarang tayang di Trans7 setiap Rabu malam. Program “Mata Najwa” sendiri merupakan salah satu program talkshow bertema politik yang dapat dikatakan berbeda dengan talkshow politik lainnya; karena terkadang Nana juga berusaha mencari tahu sisi lain dari para narasumbernya. Meskipun bertema politik justru “Mata Najwa” sangat digemari oleh para mahasiswa karena cara komunikasi Nana dengan setiap narasumbernya yang sangat baik.

Baca Juga  Feminisme dalam Islam

Selain itu, Nana juga menggelar acara “Mata Najwa On Stage” di berbagai kampus di kota besar demi ingin melihat seberapa antusias para mahasiswa bila membahas dunia politik. Setiap acara “Mata Najwa On Stage” ini digelar, seluruh mahasiswa diperbolehkan mengajukan berbagai pertanyaan tentang dunia politik; sehingga membuat acara ini selalu dinanti oleh para mahasiswa. Acara ini selalu berhasil membuat para mahasiswa terkagum-kagum oleh kepribadian Nana yang tegas dan pemahaman tentang dunia politiknya yang begitu luas.

Sebagai seorang presenter yang profesional Nana selalu menghargai rekan kerjanya di setiap acara yang ada; bahkan beliau dikenal sangat ramah saat melakukan komunikasi pada semua narasumbernya. Nana juga selalu berusaha membuat narasumbernya merasa nyaman pada saat acara berlangsung; dan dapat memposisikan dirinya bila berada di posisi lawan bicaranya; hal inilah yang membuat setiap narasumber tidak merasa sakit hati dengan semua ucapannya. Meskipun saat membawakan acara “Mata Najwa” terkesan bahwa seolah Nana sangat ‘agresif;; sehingga terkadang narasumbernya tidak dapat mengelak bahkan juga tidak dapat menjawab setiap pertanyaan yang ia utarakan.

Dapat kita simpulkan bahwa kehadiran Najwa Shihab sangat berpengaruh besar dalam dunia jurnalistik. Berkat adanya acara talkshow “Mata Najwa” ini membuat banyak sekali perubahan cara pandang pada seluruh kalangan masyarakat; terutama pandangan generasi muda terhadap dunia politik sekarang.

Baca Juga  Literasi Sebagai Pion Peradaban Ternyata Bukan Jargon Belaka, Simak Ini

Naza Nur Anggraini

 

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *