3 Peringatan Nabi Muhammad di Akhir Zaman

Jalanhijrah.com – Salah satu kelebihan yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad adalah Nabi Muhammad bisa mengetahui hal yang akan terjadi di masa mendatang. Seperti keadaan zaman akhir ini juga sudah diketahui oleh Nabi Muhammad. Dan berikut 3 peringatan Nabi Muhammad di akhir zaman kepada seluruh umat Islam di dunia.

Adapun 3 peringatan Nabi Muhammad ini terdapat dalam sebuah hadis,

يُوشِكُ أَنْ يَأْتِيَ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لا يَبْقَى مِنَ الإِسْلامِ إِلا اسْمُهُ , وَلا يَبْقَى مِنَ الْقُرْآنِ إِلا رَسْمُهُ , مَسَاجِدُهُمْ يَوْمَئِذٍ عَامِرَةٌ , وَهِيَ خَرَابٌ مِنَ الْهُدَى , عُلَمَاؤُهُمْ شَرُّ مَنْ تَحْتَ أَدِيمِ السَّمَاءِ , مِنْ عِنْدِهِمْ تَخْرُجُ الْفِتْنَةُ , وَفِيهِمْ تَعُودُ

Artinya: “Akan datang suatu Zaman pada manusia, di mana pada waktu itu tidak tinggal Islam kecuali namanya saja. Dan tidak tinggal Al-Quran melainkan tulisannya saja, Masjid-masjid dibangun megah namun kosong dari petunjuk. Dan ulama mereka adalah makhluk yang terjelek yang berada di kolong langit, dari mulut-mulut mereka keluar fitnah dan (sungguh, fitnah) itu akan kembali kepada mereka.” [HR. Al-Baihaqi]

Dalam hadis ini, Nabi Muhammad memberikan 3 peringatan kepada manusia yang hidup di akhir zaman. Dikatakan bahwa di akhir zaman Islam itu tinggal namanya saja, oleh karenanya umat Islam harus memperhatikan betul-betul 3 peringatan ini

Pertama, Al-Quran ada tinggal tulisannya saja. Maksudnya Al-Quran dicetak sebanyak mungkin dan dibagikan kepada masyarakat, akan tetapi jarang sekali dibaca apalagi dipahami maksud kandungan ayatnya. Al-Quran hanya sebagai pajangan dan tali asih ikatan suci saja.

Baca Juga  Tiga Faktor Mengapa Lembaga Filantropi Rentan Terpapar Ekstremisme

Kedua, masjid dibangun megah tapi tidak memberikan ketenangan. Hal ini lantaran banyak masjid yang digunakan untuk orasi politik dan saling caci maki.

Ketiga, banyak ulama dan tokoh agama yang tidak memberikan ketenagaan di dalam masyarakat. Para ulama ini justru sering menimbulkan fitnah, keributan dan kegaduhan di masyarakat.

3 Peringatan Nabi Muhammad di akhir zaman ini harus diperhatikan benar-benar sehingga kita bisa beragama Islam dengan benar dan terhindar dari hal-hal yang membuat Islam tinggal namanya saja.

Penulis: Ahmad Khalwani

Penikmat Kajian Keislaman

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *