Ini Beberapa Model Rambut Rasulullah

Jalanhijrah.com – Rambut adalah mahkota bagi manusia, oleh karenanya tidak sedikit dari manusia yang sangat merawat dan menjaga rambutnya. Sesuai dengan perkembangan zaman, model rambut tentu bermacam-macam gayanya. Dan berikut beberapa model Rambut Rasulullah sesuai dengan hadis.

Pertama, rambut Rasulullah itu tidak lurus dan tidak juga keriting, dan perlu diketahui bahwa rambut Rasulullah itu amat lebat.
كَانَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ إِذَا وَصَفَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَمْ يَكُنْ بِالطَّوِيلِ الْمُمَّغِطِ وَلَا بِالْقَصِيرِ الْمُتَرَدِّدِ وَكَانَ رَبْعَةً مِنْ الْقَوْمِ وَلَمْ يَكُنْ بِالْجَعْدِ الْقَطَطِ وَلَا بِالسَّبِطِ كَانَ جَعْدًا رَجِلًا

Artinya: “Saat Ali menggambarkan sosok Rasulullah, ia berkata: Rasulullah adalah sosok yang berperawakan tidak terlalu tinggi dan tidak pula pendek, sedang-sedang, dan rambutnya tidak lurus dan tidak pula keriting, rambutnya lebat.” (HR. Tirmidzi)

Kedua, model Rambut Rasulullah kedua adalah ikal dan terurai diantara dua telinga dan bahu. Dalam hadis disebutkan

Artinya: “Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Bakar bin Abu Syaibah; dari Yazid bin Harun; dari Jazir bin Hazim; dari Qatadah; dari Anas: Rambut Nabi Muhammad SAW itu ikal, dan terurai di antara kedua telinga dan bahunya”. (Sunan Ibnu Majah)

Ketiga, Rambut Rasulullah itu terkadang panjang sampai pundaknya

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَضْرِبُ شَعَرُهُ مَنْكِبَيْهِ

Artinya: “Sesungguhnya Nabi Muhammad memanjangkan rambutnya hingga kedua pundaknya”. (HR. Bukhari)

Baca Juga  Tapaki Tahun Politik, Banser NU Rapatkan Barisan Bersiap Jaga Stabilitas Politik Nasional

Dari beberapa keterangan di atas, bisa disimpulkan bahwa model rambut Rasulullah itu berubah-ubah, kadang pendek dan juga panjang. Namun Demikian Rasulullah sangat menjaga dan merawat rambut. Dalam suatu hadis Rasulullah berpesan kepada umatnya untuk senantiasa merawat rambutnya

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وآله وسلم قَالَ: مَنْ كَانَ لَهُ شَعرٌ فَلْيُكْرِمْهُ

Artinya: “Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda, Barangsiapa mempunyai rambut hendaklah dia merawatnya dengan baik”. (HR Abu Dawud).

Demikianlah model rambut Rasulullah sesuai dengan keterangan hadis Nabi. Wallahu A’lam Bishowab

By Redaksi Jalan Hijrah

Jalanhijrah.com adalah platform media edukasi dan informasi keislaman dan keindonesiaan yang berasaskan pada nilai-nilai moderasi dan kontranarasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *